Tuesday, 18 July 2017

Kata-Kata Positif

Kemarin ada seorang teman,  sebut saja namanya Rosella, karena nama bunga terlalu mainstream :D. Rosella berkata, "Hidup ini begini-begini saja ya, nanti tidur, besok bangun, menjalankan kewajiban seperti biasa, makan tiga kali sehari, mengerjakan tugas kampus. Dan akan berulang setiap hari". Saya yang mendengar pernyataannya tentu saja tersenyum. Saya berbisik dalam hati "Sepertinya dia bosan, jenuh dengan rutinitasnya sehari-hari". Mungkin, di antara kita juga banyak yang berpikir seperti itu ya. Tapi menurut saya, eloknya kata-kata itu jangan sampai diungkapkan, cukup di hati saja. Karena saya menjadi kepikiran, ketika kata-kata itu terlontar, yang mendengarkan belum tentu senang dengan kita, bisa jadi underestimate dengan kita, lalu beranggapan bahwa kita tidak mensyukuri hidup. Kata-kata negatif sebaiknya tidak kita ungkapkan ke banyak orang. Namun untuk menyelesaikan masalah, bisa diungkapkan dengan bijak, dan bukan untuk didengar orang banyak.

Saya jadi kepikiran, sudah berapa kata-kata negatif ya yang saya lontarkan keluar dari lisan ini? Mungkin sudah ribuan, jutaan bahkan milyaran, dan banyak sekali. Lalu saya pun berpikir, kata-kata positif yang disampaikan itu sekalipun kondisi jiwa kita lagi tidak baik akan sangat membantu orang lain. Saya pun berniat, mulai sekarang akan mengeluarkan kata-kata yang baik saja, tidak ada keluhan, tidak ada galau secara langsung. Kalau secara tidak langsung, saya belum berani mencoba, sebab kata-kata dalam puisi saya justru banyak bercerita tentang rindu yang orang anggap galau. Padahal menurut saya sih rindu itu sebuah karunia. Rindu itu membuat kita mengerti akan jarak yang membentang. Hehe...

Yuk kita hidupkan kata-kata positif, kata-kata yang membangkitkan semangat teman-teman, kata-kata yang mengajak kepada kebaikan. Lalu, menebar senyum ikhlas pada saudara kita ^_^


Perpustakaan LSI IPB Lt. 2
Di saat senja menyapa

No comments: