Monday, 12 June 2017

Ramadhan #16 yang Membuat Khawatir

Sumber gambar: ruangfreelance.com


Tadi sekitar pukul 09.30 WIB saya masuk ke salah satu ruang seminar pascasarjana. Seminarnya tidak terlalu ramai, karena mungkin peserta seminar sudah banyak yang mudik dan bisa jadi karena yang seminar juga tidak ingin mengundang banyak orang di seminarnya.


Seminar berlangsung lebih lama dari biasanya karena banyak saran dari moderator. Saya yang menyaksikannya menjadi khawatir, sebab takut kalau saya bernasib yang sama dengan si presentator. Yang bertanya mengenai penelitiannya ada 3 orang dan dari program studi yang sama dengan si presentator. Saya tidak bertanya karena tidak paham dengan isi makalah. Menurut saya penjelasannya terlalu rumit dimengerti bagi yang awam. Hingga akhirnya moderator mengeluarkan kata-kata yang cukup menusuk di hati karena melihat yang lain kurang paham dengan isi makalahnya.

Saya terus berdo'a dalam hati ketika presentator diam sejenak mendengarkan ulasan dari moderator. Semoga beliau yang ada di depan kuat menghadapi beberapa patah kata yang dilontarkan moderator. Saya dan Zii harap-harap cemas melihat kondisi yang demikian. Semoga hal seperti itu dijauhkan dari kami.

Ya Allah, semoga seminar saya kelak berjalan dengan baik dan lancar. Aamiin

Pejuang Tesis
@Perpustakaan LSI IPB

No comments: