Friday, 12 May 2017

Air Mata yang Keluar Itu Membersihkan Hati

Sumber Gambar: halodok.com


Menangis itu lebih powerfull daripada tertawa. Cuman, kita lebih sering memilih tertawa daripada menangis. Sama kayak orang, lebih senang minum kopi dari pada air putih. Padahal lebih menyehatkan minum air putih. Cuman kan nggak ada sensasinya. Tapi kalau kita bisa mengubah mindset kita,

"Eh ngopi yuk", gitu kan.
"Eh minum air putih yuk", gitu ya jadinya.
Bisa nggak sih kita ngomong kayak gitu. Nah, ini mengubah mindset nih.

"Eh kalian lagi ngapain nih?"
"Lagi minum air putih"
Pasti dibilang, "Ah nggak seru ah".
Coba kita ubah mindset. Dari boleh minum kopi, tapi yakinlah air putih lebih baik daripada kopi. Makanya Nabi mengatakan, air itu bersih dan membersihkan. Dan memang secara medis, secara kedokteran, secara biologis juga, air putih paling baik untuk tubuh kita. Sangat menggantikan energi tubuh kita. Tapi kalau kopi, sensasi tuh. Walaupun tetap baik kalau nggak banyak gulanya. Yang masalahnya kalau kebanyakan gula.

Bercanda dengan menangis juga ibaratnya sama. Boleh bercanda, tapi porsinya seperti minum kopi. Boleh bercanda, tapi porsinya cukup seperti minum kopi. Jangan minum kopi aja. Habis makan ngopi, sebelum makan ngopi, mau jalan ngopi. Ngopi aja sehari sampai dua liter. Ada nggak sih orang yang ngopi sampai dua liter? Dan sehat nggak sih?

Ngopi kalau segelas, masih sehat nih. Apalagi kalau kopinya kopi yang bener. Kopi yang asli gitu ya. Itu kan sehat tuh. Bayangin kalau ngopi sehari dua liter. Kan nggak sehat kan? Nah, kalau minum air putih sehari dua liter kan sehat. Ginjal kita juga jadi sehat, melancarkan pencernaan. Segala macam lah. Auranya juga jadi segar gitu. Kebanyakan ngopi itu tidak sehat. Sama seperti kebanyakan bercanda. Makanya sewajarnya, perbanyaklah menangis. Karena dengan menangis, air mata kita menggurkan dosa dan membersihkan hati yang kotor.

Air mata itu seperti hujan. Kalau di Arab itu, hujan diibaratkan membersihkan rumah, daun-daun dari debu. Karena di Arab wilahnya memang padang pasir, daun banyak yang berdebu, dibersihkan oleh air hujan. Maka begitulah air mata membersihkan hati seseorang.



Bogor, Perpus LSI IPB


No comments: