Thursday, 16 March 2017

Data dan Grafik

Terkadang saya jenuh dengan aktivitas saya yang membolak-balikkan grafik. Namun walau demikian, saya haruslah setia dengannya hingga meraih gelar master. Grafik ini masih belum bersahabat dengan saya, garis-garisnya masih menyatu. Saya mencoba memakai metode lain agar bisa diterima oleh dosen saya. Semoga besok berbalas dengan harapan baik untuk saya.


Data harus ada di dalam sebuah karya ilmiah, namun grafik tidak harus selalu ada. Namun, grafik bisa memberikan penjelasan kepada siapapun untuk lebih memahami data yang ditampilkan. Saya ingin karya ilmiah saya ini bermanfaat untuk siapapun, maka dari itu saya berjuang agar data dan grafik yang akan saya munculkan nanti jelas dan baik.

Sumber : www.clasf.co.ve

Entah sampai dimana nanti titik yang akan saya lalui agar berhenti dalam data dan grafik menuju pembahasan tulisan saya. Terkadang saya ingin berhenti sejenak, sekadar melepas penat dan lelah agar bersemangat kembali berkutat dengan data dan grafk saya. Sebab, jika belum selesai dalam masalah itu, saya belum bisa melaju untuk membahas pembahasan penelitian saya dengan tim.

Saya berharap semoga semuanya berakhir dengan indah dan berkah. Saya harus berusaha lebih keras lagi. Ini bukan hal yang mudah semudah membalikkan telapak tangan, namun ini bukan hal yang sulit tanpa akar pemecahan juga. Saya yakin usaha saja memang tidaklah cukup untuk ini, harus ada do'a-do'a yang dilangitkan ke Maha Pemberi Ilmu, lalu sesudahnya kita harus menyerahkan segala sesuatu yang telah kita lalui dengan tawakkal. Tidak boleh terlalu ambisi untuk menjadi sempurna, karena prosesnya yang dilihat, bukan hasil semata. Walaupun hasil memang sangat amat penting dalam karya ilmiah ini.


Saya Yanti, hari ini akan lebih bersungguh-sungguh mengerjakan segala sesuatu yang berhubungan dengan tesis, dan meninggalkan untuk sementara waktu hal yang tidak berkaitan dengan tesis. Saya harus fokus, karena ini penting. Ketidakfokusan hanya akan membuat saya terlena dan berlama-lama dalam lingkaran itu. Baiklah, tulisan ini juga tidak baik untuk dipanjanglebarkan, sebab aksi dari saya lebih penting untuk saat ini. Semangat, Yanti! :)
Cari ilmu, cari berkah, bukan nilai semata.


Yanti,
mahasiswa tingkat akhir 

No comments: