Tuesday, 17 January 2017

Menulis

Menulis itu asyik. Dengan menulis, kita dapat mengungkapkan apa yang kita pikirkan, rasakan, dan rencanakan. Tapi terkadang menulis butuh mood yang baik. Menulis butuh suasana yang tenang, tetapi juga butuh suasana yang dramatis. Menulis menciptakan sesuatu itu menjadi lebih.

Dan menulis tesis itu sungguh luar biasa. Bagaimana menuangkan teori, praktik dan hasil-hasil penelitian terdahulu dan korelasinya dalam sebuah karya ilmiah. Saat ini saya sedang mencoba menulis hasil dari analisis fisik dan kimia penelitian saya yang alhamdulillah akhirnya selesai. Walaupun saya disarankan oleh dosen pembimbing untuk menguji satu parameter lagi yang in sya Allah bukan hal yang panjang. In sya Allah 2 hari bisa selesai.

Yang menjadi kesulitan saya adalah mencari jurnal yang berkorelasi untuk mendukung data-data saya ini. Ya Allah..., mencari jurnal itu sesuatu hal yang sungguh menantang. Seperti anak kecil yang mencari belalang di sawah rasanya. Jika belalangnya dapat, maka ada sebuah kebahagiaan yang luar biasa disana. Tetapi jika tidak dapat, ada secuil kesedihan, namun tetap bersemangat untuk mencarinya hingga ketemu.

Semangat menulis dan melanjutkan misi penelitian yang beberapa persen lagi! Semangat mengolah datanya! Yakinlah menulis itu bukan sebuah pekerjaan yang susah! Yakinlah bahwa menulis itu pekerjaan yang sangat indah!

PITP Fateta

No comments: