Friday, 20 January 2017

Menulis (Lagi)

Ujian untuk menulis itu luar biasa banget. Data-data sudah ada di depan mata, sudah diolah sedemikian rupa, lalu...? Mencari literaturnya yang paling rempong, riweuh. 

Luar biasa sekali cobaan untuk menulis tesis ini, bagaimana mengumpulkan semangat, bagaimana membangun mood yang baik, dan bagaimana berpikir lebih tenang. Jika ada sedikit saja yang mengusik, bisa saya pastikan ada saja yang menghalau pikiran.

Karena itu dalam menulis diperlukan juga do'a-do'a yang kuat agar dirajinkan, agar istiqomahkan, bukan istirahat yang berkepanjangan. Seharusnya kita bisa berkaca dari teman-teman yang telah wisuda lebih awal agar semakin semangat, bisa berkaca dari orang yang telah melewati tahap seminar juga. Semua proses memang tidak ada yang mudah, tidak ada yang tak letih, jadi harus memperbanyak sabar dan ikhlas juga.

Menjaga semangat itu salah satu kunci yang harus dipegang erat. Jika itu tidak ada, buyarlah semuanya. Boleh saja hari ini belum paham, namun tetap semangat. Dengan adanya semangat yang terus menerus itu, maka yang salahpun masih bisa diperbaiki. Jika tidak ada semangat lagi, mau jadi apa? Tidak ada yang bisa dikerjakan.

Jadi, bersemangatlah! Teruslah bersemangat! Tetap semangat! Dan selalu semangat!


Ruang Tesis Lt.3

No comments: