Monday, 23 January 2017

Arti Sebuah Perjalanan

Terkadang, kita sedih dengan apa yang telah kita lalui. Bisa jadi karena kita telah melakukan hal yang sangat buruk, bisa jadi karena kita gagal dalam sebuah atau beberapa hal. Tapi yakinlah, bahwa Allah punya rencana atas hal itu. Sesungguhnya, kita tak perlu bersedih. Sesungguhnya kita tak perlu menyesali. Kita hanya perlu belajar dari sebuah perjalanan, memaknai arti sebuah perjalanan itu. Bukankah proses itu lebih indah dari hasil yang dituju?

Yakinlah bahwa perjalanan ini adalah perjalanan kesabaran yang menuntut kita agar menjadi pribadi yang lebih kuat, lebih tegar. Semakin banyak cobaan yang dihadapi akan menjadikan seseorang itu kaya akan pengalaman, kaya akan nasihat-nasihat. Hidup ini adalah sebuah pelajaran jika kita memang memandangnya sebagai sebuah ilmu. Hidup ini adalah belajar untuk ikhlas dan sabar. Jadi, jangan hidup jika tak mau sabar dan ikhlas.

Perjalanan ini akan menemukan titiknya sendiri yang lebih indah. Jangan terlalu bersedih dengan perjalanan yang bergejolak. Yakinlah bahwa Allah itu Maha Kuasa atas diri kita yang lemah ini. Sebaik-baiknya kita merencanakan, secerdas-cerdasnya kita berpikir, selihainya kita menghitung, kita tidaklah ada apa-apanya dengan Kuasa Allah. Hendaknya kita tetap menjadi pribadi yang tawadhu', yang menyerahkan apapun itu pada Allah setelah berikhtiar dan berdo'a. Jadi, semenyakitkan apapun harimu, semua sudah diatur oleh Allah. Allah ingin kita kuat. Allah ingin menguji kita apakah kita sanggup naik kelas dengan level ujian yang telah Ia berikan.


Semoga perjalanan ini memberikan arti yang baik untuk diriku dan diri pembaca setia Pengeja Langit :)

Ruang Disertasi Lt.3 


No comments: