Sunday, 18 September 2016

FLP Bogor Selenggarakan Pelatihan Kelas Menulis Artikel


Forum Lingkar Pena (FLP) Bogor kembali menggelar kelas pramuda bertema artikel pada Ahad, 18 September 2016 di Common Class Room S2 Agribisnis Kampus Institut Pertanian Bogor. Pertemuan kedua bagi calon anggota FLP Bogor angkatan ke-9 ini menampilkan Waluyo Hanjarwadi yang sering disapa dengan Mas Reno, dari sebuah majalah Patriot Insight Pajak.

Dalam pertemuan itu, Waluyo Hanjarwadi memberikan trik bagaimana cara menulis artikel, khususnya opini dan features dengan baik. “Artikel itu cakupannya luas, sementara itu opini dan features merupakan bagian dari artikel,” ujar Hanjarwadi. “Penentuan judul dan lead yang menarik serta menghibur menjadi daya tarik tersendiri dalam penulisan artikel, tambah Mas Reno. Mas Reno juga menjelaskan perbedaan opini dan features. Opini merupakan gagasan atau kritik yang berkembang di masyarakat, yang ditulis dengan bahasa ilmiah populer. Sementara itu, features merupakan tulisan kreatif yang informatif dengan gaya bahasa yang ringan dan menghibur.

Calon anggota angkatan ke-9 sangat antusias mengikuti pemaparan dari Mas Reno yang ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan dari peserta. Kelas artikel ini sangat menarik. Keaktifan peserta ditunjukkan dengan pemberian tugas menulis features oleh Mas Reno dalam waktu 20 menit. Lalu dipilihlah tiga karya terbaik menurut Mas Reno untuk diberikan saran dan komentar. Kemudian dipilih satu karya untuk menulis di majalahnya Mas Reno. Akhirnya, terpilihlah Rinda sebagai pemenangnya. Mas Reno berujar, “Setiap surat kabar ataupun majalah memiliki kriteria tertentu dalam hal penulisan. Contohnya surat kabar A memiliki kriteria penulisan 6000 karakter, surat kabar B dengan 5000 karakter, dan surat kabar yang lain hanya dengan 3000 karakter saja. Oleh karena itu, kita harus menyesuaikan permintaan surat kabar agar tulisan kita bisa dimuat”.

Di penghujung acara, Novitasari kembali mengingatkan mengenai absensi calon anggota angkatan ke-9 yang hanya diperbolehkan izin untuk tidak mengikuti pelatihan sebanyak dua kali. Kemudian mengenai penugasan kepada peserta harus dikerjakan dan dikumpulkan pada waktu yang telah disepakati di pertemuan perdana. Selanjutnya di akhir acara ditetapkan pemilihan ketua kelas Pramuda FLP Bogor Angkatan ke-9, dan terpilihlah Hernoer sebagai ketua kelas.

Dokumentasi: FLP Bogor 

No comments: