Sunday, 4 September 2016

FLP Bogor Selenggarakan Kelas Pramuda Angkatan ke-9


Forum Lingkar Pena (FLP) Bogor kembali menggelar kelas pramuda setelah sukses mengadakan perekrutan angkatan ke-8 sebelumnya. Acara yang diselenggarakan di Common Class Room S2 Agribisnis Kampus IPB Dramaga ini dihadiri 22 orang calon anggota angkatan ke-9. Kegiatan tersebut dipandu oleh Novitasari yang merupakan anggota FLP angkatan ke-6. Acara berlangsung sejak pukul 08.30 hingga pukul 12.00 WIB yang dibagi dalam dua sesi. Pada sesi pertama, diawali dengan perkenalan anggota pramuda angkatan ke-9 dengan pengurus FLP. Kemudian Novitasari mengajak semua anggota pramuda untuk mendiskusikan kontrak belajar, kesepakatan kelas, penugasan dan materi yang didapatkan oleh anggota pramuda selama delapan kali pertemuan yang direncanakan.  Lalu dilanjutkan dengan penjelasan sejarah singkat pembentukan FLP oleh Syaiful Hadi (Bang Syaiha) selaku Ketua Forum Lingkar Pena Bogor. Sementara itu, pada sesi kedua dilanjutkan dengan materi Preferensi oleh Novitasari sebagai manajer kelas. Novitasari mengingatkan kembali sebuah kutipan dari Teori Johari Window, “Saya tahu bahwa saya tahu. Saya tahu bahwa saya tidak tahu. Saya tidak tahu bahwa saya tahu. Saya tidak tahu bahwa saya tidak tahu”. Selanjutnya, diharapkan materi Preferensi tersebut memberikan gambaran kepada calon anggota untuk melihat kecenderungan dan potensi yang mereka miliki agar tahu kekuatan dan kelemahan diri masing-masing.

Pertemuan perdana calon anggota FLP Bogor tersebut ditutup dengan kalimat penyemangat dari Siti Jannah Nuraisyah selaku moderator, “Jika dalam Matematika setengah ditambah setengah sama dengan satu, namun dalam kepenulisan setengah novel ditambah setengah novel adalah dua novel yang buntung”. Kalimat tersebut memberikan makna bahwa setengah novel ditambah dengan setengah novel tidak akan bisa menjadi satu, karena setiap novel alurnya berbeda. Kalimat itu memberi semangat agar penulis hendaknya menuntaskan satu tulisan terlebih dahulu agar bisa melanjutkan tulisan berikutnya. Acara yang berlangsung pada Minggu, 4 September 2016 itu tampak menarik dan memberikan suasana yang hangat.


Dokumentasi: FLP Bogor

No comments: