Tuesday, 10 May 2016

Sikap

Setelah selesai kuliah sore ini, aku menyusuri jalan ke arah koridor salah satu fakultas di kampusku. Lalu kutemukan sosok temanku yang melambaikan tangannya dengan wajah senyum ceria. Kuhampiri ia yang tengah sibuk berdiskusi dengan temannya. Tepat di depannya ada 2 sosok yang juga kukenali dan tak asing bagiku.

Salah seorang di hadapanku bertanya "Kamu kok nyantai banget sih, teman-teman kamu sudah penelitian, kamu kok belum?" Sesaat aku membisu, terdiam, dan berpikir apa yang harus kukatakan.
Ya Allah, kata-kata itu bagai kilatan petir yang hendak menyambarku seketika. Cukup menggores, menyayat hati, dan pertanyaan dahsyat itu masih terus terngiang di telingaku hingga saat ini. 

Sebegitu terlambatnya kah aku? 
Apakah tak ada manusia lagi yang lebih lambat dari aku? 
Apakah ia sudah wisuda, hingga berani mengatakan itu padaku yang baru selesai kuliah?
Apa dia hanya sekedar bercanda atau basa basi saja? 
Basa-basi kenapa begitu sakit? 
Bercanda, mengapa tak kutemukan raut wajah bercanda saat itu?
Kalau untuk menyemangatiku tentu tidak. 
Siapa yang berani menyemangati wanita lain di sebelah pacarnya sendiri? 

Ya Allah... Aku tak tahu kenapa begitu perih rasanya. Syukur, air mataku tidak jatuh di hadapannya tadi.

Di sisi lain, ia punya makanan yang dia habiskan bersama temannya tanpa memberikan pada temanku yang sedari tadi ada di hadapannya. Padahal temanku itu sering memberikan makanan ringan padanya, bahkan juga makanan berat. Entahlah. Aku begitu kecewa atas sikapnya ini.

Semoga waktu dapat menghapus kekecewaanku, dapat menghilangkan rasa perih di hatiku, dapat menyembuhkan luka batin yang saat ini sedang berkembang seperti Aflaktoksin yang sedang menyerang jagung ketika basah saat penyimpanan. 

Ya Allah, ampuni dosaku...

Ruang thesis,
menjelang maghrib


3 comments:

lisa lestari said...

Lama nggak muncul mb, semoga lancar tesisnya, aamiin

lisa lestari said...

Lama nggak muncul mb, semoga lancar tesisnya, aamiin

Sri Efriyanti Harahap said...

Aamiin :)
Hehe, iya nih mbak, jarang banget sekarang
Makasih ya Mbak Lisa^^