Thursday, 28 April 2016

"Dear Mantan"


Pekan ini beranda facebookku rame banget dengan meme "Dear mantan". Aku kurang tahu tujuannya buat apa. Awalnya lucu sih, tapi kalau dipiki-pikir berarti yang buat itu punya mantan dong ya. Deuh, ngapain sih sampai bilang ke publik udah punya mantan atau pernah punya mantan. Lalu kalimat itu dilanjutkan dengan "Maafkan aku yang dulu....bla bla bla...", sambungannya bisa bermacam-macam. Meme itu digabung dengan gambar yang dulu dan yang sekarang.

Seakan foto itu mengungkapkan, "Ini aku yang sekarang, lebih baik loh. Nyesel kan mutusin aku?" Tentunya foto yang sekarang itu dengan tampilan wajah yang lebih cerah ceria dibandingkan foto yang dulu. Padahal efek kamera juga bisa mempengaruhi loh. Hehehe... Ada-ada aja ya yang terjadi di dunia maya. Sepertinya pelopor meme itu memang anak muda yang mau nunjukin ke mantannya kalau dia lebih baik. 



Tapi kasihan banget nggak sih kalau khalayak ramai dia pernah putus dalam hubungan yang tidak resmi dengan seseorang. Kalaupun tujuannya baik, ya menurut hemat saya nggak perlu ikutan trend itu. Terlebih jika foto yang dulu masih memperlihatkan aurat, atau berjilbab "tidak rapih" lalu dibandingkan dengan foto yang sekarang yang sudah berjilbab syar'i dengan wajah yang lebih berseri.

Astaghfirullah. Semoga tulisan ini juga menjadi pelajaran buatku agar lebih hati-hati dalam berbuat, baik di sosial media maupun bertemu langsung dengan orang lain. Tapi alhamdulillah ya, aku nggak punya mantan seperti meme-meme yang tersebar di sosial media saat ini. Nggak punya mantan karena dari dulu punya prinsip, "wanita itu dilihat dari masa lalunya dan masa kini". Masa lalu harus baik, dan masa kini harus semakin baik.

Coba dear mantan diubah aja dengan kalimat yang lebih indah ya, misalnya dear my lovely sister, dear my good friends, dear my beloved mom, dan masih banyak ungkapan indah lainnya dibanding dear mantan *tutupmuka :D

Terima kasih para pembaca yang sudah singgah di postingan ini. Postingan ini muncul karena sedikit rasa kesal melihat beranda facebook yang penuh dengan kata "Dear mantan" :v


Masih di Perpus LSI IPB
Istirahat sejenak dari tumpukan jurnal


28-04-16

No comments: