Tuesday, 14 July 2015

Para Penuntut Ilmu


Semangat pagi Medan dan seluruh isinya :)
Alhamdulillah, hari ini sudah memasuki 27 Ramadhan 1436H.Nggak terasa ya, Ramadhan akan pergi meninggalkan kita semua. Sudah khatam berapa juz? Sudah bertambah berapa surah hafalan Al-Qur'annya? Sudah banyak sedekah? Sudah mendirikan qiyamul lail tiap malam? Aaah, target-target itu terasa hanya tinggal di catatanku. Ramadhan ini mungkin aku terlalu merasa "sok" sibuk hingga banyak yang terlalaikan. Namun masih ada sisa beberapa hari lagi. Dan hari itu harus kupergunakan semaksimal mungkin. Semangat Za...Semangat...! Walau terkesan termasuk orang yang merugi, tapi waktu yang tersisa masih bisa dioptimalkan. Itu sekelumit mengenai Ramadhan yang hampir pergi meninggalkan kita.


Semangat pagi, Medan (juang)...
Hari ini aku dikejutkan oleh berita di grup kelas bahwa salah satu dari teman kami sedang dirawat di RSUD. Semoga sakitnya menjadi penggugur dosa. Allahumma rabbanannas, adz-hibil ba'sa isyfi antasy-syafilaa syifa'a illa syifa 'uka, syifa';an laa yughadiru saqaman, 

Wahai Allah Tuhan manusia, hilangkanlah rasa sakitnya, sembuhkanlah, Engkalulah Yang Maha Penyembuh, tidak ada kesembuhan yang sejati kecuali kesembuhan yang datang dari-Mu. Yaitu kesembuhan yang tidak meninggalkan komplikasi rasa sakit dan penyakit lain. Selain itu ada berita sakit juga kalau salah satu diantara teman kami juga sudah kena tumor otak. Ya Allah, beri kesembuhan pada mereka.

Kedua temanku itu adalah para penuntut ilmu yang sangat giat sekali belajar. Aku salut melihat kegigihan mereka dalam belajar. Walaupun aku tidak terlalu dekat dengan keduanya, tapi aku cukup tahu perjuangan mereka yang belajar di LSI sampai sore bahkan malam, mengerjakan laporan praktikum yang banyak, belum lagi bombardir tugas-tugas kuliah yang menyita waktu, dan ujian-ujian yang terasa kadang seperti badai. Aaah, sepertinya kalimat terakhirku berlebihan ya -_- Ya, semua itu mereka jalani dengan semangat. Sakit kepala yang diderita salah satu temanku itu malah tidak menyurutkan semangatnya untuk tetap terus belajar. Banyak sekali pelajaran yang harusnya bisa kuambil. Kadang aku mengeluh, rasanya tidak pantas sekali ya jika di sana kita lihat teman kita yang sedang sakit pun masih semangat berjuang untuk menuntut ilmu.

Barang siapa berjalan untuk menuntut ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga. (HR. Muslim).

Hadits di atas bisa jadi penyemangat kita untuk tidak pernah lelah menuntut ilmu. Semangat Za...Semangat...! Jangan pernah lelah, jangan pernah bosan, dan jangan pernah menyerah. Perjuangan akan terus berlanjut









2 comments:

Mugniar said...

Terima kasih sharingnya. Kita memang butuh melihat kebagusan akhlak orang lain dan mengukurnya dengan diri kita supaya bisa mengambil hikmahnya ya.

Tetap semangat :))

Sri Efriyanti Azzahra Harahap said...

Terima kasih Mbak Mugniar ^_^

Senang sekali blog saya dikunjungi sama Mbak yg luar biasa :D