Monday, 16 February 2015

Tentang Perjuangan

Tak ada yang tak berjuang di sini, tak ada yang bermain seenaknya. Jika hasilnya memang tak sesuai harapan, kupikir itu adalah jalan terbaik untukia yang berjuang. Semuanya semangat, tak ada yang tak semangat. Semuanya belajar keras, mati-matian, namun hasilnya tak selalu sejalan.

Tak ada yang belajar sedikit, namun hasilnya banyak. Hasil yang banyak didapatkan dari belajar yang banyak juga tentunya. Mungkin hanya pemahamanlah yang membedakan nilai.

Tak ada kertas yang kosong ketika ujian. Tak ada satu nomorpun yang dibirkan tak terisi. Tapi penentuan poin selalu berbeda. Semakin banyak membaca jurnal, semakin banyak wawasan, dan semakin baik dihubungkan dengan teori yang sudah didapatkan ketika kuliah.

Aku salut dengan salah seorang temanku, ia baik, shalihah, rajin, namun ia tidak bisa dipertahankan di sini. Ia berjuang dengan keras. Ia bahkan tahan hanya tidur 2 jam di ujian terakhir. Namun, ia tak lagi berada di sini. Kupikir itu adalah jalan terbaik baginya. Allah lebih tau dari kita. Saat ini, kita mungkin merasa hal ini salah satu kenyataan pahit yang harus dijalani. Namun perlu diketahui bahwa pasti ada hikmah di setiap hal yang terjadi. Dan akan kita temukan setelah berlalu.

Ya Allah...., semoga aku bisa bertahan di sini hingga selesai T_T

No comments: