Tuesday, 5 March 2013

Saat Senja di Lingkaran Cahaya



Hari itu, masih seperti biasa. Kita berada di satu lingkaran cahaya. Dimulai dengan lafaz basmalah, sebuah awal dari segala awal. Berserah diri kepada Allah dengan keikhlasan.

The great murobbiyah menyampaikan taujihnya, tentang Arkanul Ba’iah. Arkanul bai’ah terdiri dari kata arkan dan bai’at. Arkan berasal dari kata rukn yang artinya pilar utama, pilar yang menjadi pondasi sebuah bangunan. Bai’at berarti perjanjian, berjanji untuk taat.

Arkanul Bai’ah merupakan bagian dari risalah Imam Syahid Hasan Al Banna yang bertajuk Risalah Ta’alim Wal Usar. Sehingga akan kurang sempurna kalau kita melihat semua isi risalah untuk mendapatkan hikmah yang lengkap di dalamnya. Risalah ini dimunculkan oleh Imam Hasan Al Banna ditengah-tengah perpecahan yang terjadi dalam gerakan-gerakan Ishlah (reformasi) kembali untuk menyatukan semua kaum Muslimin. Setelah Kekhalifahan Turki Ustmani Runtuh pada tahun 1924 M muncullah banyak gerakan penyadaran untuk kembali memperbaiki keadaan Umat Islam.

Imam Syahid Hasan Al-Banna mengatakan bahwa “Rukun bai’at kita ada sepuluh. Maka jagalah!” Kesepuluh rukun itu adalah:


5 comments:

Leni Fitria said...

baca bukunya alm ust Rahmat Abdullah tentang ini jg oke.

Riki Ananda Nasution said...

Arkanul Bai'ah ya Namanya Kak

Gen - Q said...

Yuuuk kita review lagi., semakin dilihat semoga semakin ingat dan amanat akan terlaksana dengan hikmat. Salam ukhuwah :)

Zeal*Liyanfury said...

dindaaa... ^_^

Rakyan Widhowati Tanjung said...

semoga segera terlaksana :"_