Friday, 3 August 2012

Lulus Tepat Waktu Atau Pada Waktu Yang Tepat?


Judulnya terinspirasi dari seorang senior Keteknikan Pertanian 2007 di kampus hijau Pertanianku.

Penting nggak sih membahas ini? Menurut saya bisa penting bisa juga tidak ^_^. Dan hari ini, sangat penting menurut saya. Kenapa? Karena sudah banyak orang yang mulai melemparkan pertanyaan bernada “Kapan lulus?” atau “Kapan wisuda?”

Teman-teman seangkatan saya juga belum ada yang lulus atau wisuda. Mungkin menjadi sebuah pertanyaan besar, kenapa begitu lama lulusnya? Sebenarnya bukan karena kami melalaikan studi. 

Ketika ada mahasiwa program studi yang lain menanyakan “Teman-teman ITP '08 siapa aja yang udah lulus?” Saat itu saya hanya bisa menjawab “Belum ada” sembari melemparkan senyum.

Sebenarnya apa yang salah dengan kami?
Apakah sistemnya, kami yang bermalas-malasan, atau mahasiswa ITP itu memang lama lulusnya dibandingkan program studi yang lain?

Kalau saya perhatikan, jadwal pembagian dosen pembimbing kami memang lebih lama dibandingkan program studi yang lain. Proses pengajuan judul penelitian dimulai pada semester 8, sedangkan program studi yang lain sudah dimulai sejak semester 7. Sebelum pembuatan proposal, kami memulai pra penelitian terlebih dahulu dan ini bisa membutuhkan waktu yang lebih lama dibanding penelitiannya sendiri. Karena memakai prinsip trial and error.

Sebelum menuju ke pembuatan proposal, kami harus membuat out line-nya terlebih dahulu dan ini bisa membutuhkan waktu 1-2 minggu. Setelah out line di ACC, beralih ke pembuatan proposal ===> seminar proposal ===> penelitian ===> seminar hasil penelitian ===> sidang. Butuh perjuangan yang luar biasa agar bisa lulus tepat waktu (4 tahun).

Mengenai pertanyaan sebelumnya, apakah sistemnya yang salah? Dengan tegas saya mengatakan TIDAK. Kami bermalas-malasan? Bisa ya, bisa tidak. Mahasiswa ITP memang lama lulusnya? TIDAK. Senior kami ada yang lulus 3tahun 8 bulan dan tepat waktu.
Walaupun tidak lulus tepat waktu, saya berharap bisa menguasai bidang keahlian ini.

Suatu hari saya pernah berdiskusi pada seorang kakak yang sedang melanjutkan kuliah pasca sarjananya di UGM, “Kak, saya merasa belum menguasai ilmu pangan ini sepenuhnya. Bagaimana ya?” Saat itu mungkin ia tertawa dalam hati. Ia  menjawab pertanyaan saya, “Kalau kamu menguasai ilmu pangan itu sepenuhnya, berarti kamu bukan mahasiswa S1, tapi setara dengan Profesor ” Saya jadi malu sendiri sudah menanyakan hal yang demikian.

Harapan saya, walaupun memang tidak bisa lulus tepat waktu, tapi saya mengerti dengan “Pangan” dan yang terpenting bisa mengaplikasikan ilmunya dalam kehidupan sehari-hari.

Jika tidak bisa lulus tepat waktu, maka luluslah pada waktu yang tepat ^_^
Tepat sebagai ahli pangan

Salam Pangan
Majulah Pertanianku, Jayalah Indonesiaku ^_^

*Tulisan ini saya dedikasikan buat teman-teman seangkatan, ITP KosLap USU

40 comments:

Cerita Tugu said...

lulus pada tepat waktu itu baik tapi kalau lulus pada waktu yang tepat itu kapan waktunya? mau berapa tahun lagi jadi mahasiswa

a.i.r said...

*menilik kebelakang..

saya tidak tepat waktu dan belum tahu apakah saya sudah lulus pada waktu yang tepat.. :D

Rinda Lea Sari said...

Anak Pertanian juga tah?? mba juga alumni Pertanian dee', hihii ~ Bravo Pertanian :D

ke2nai said...

enaknya lulus tepat waktu di waktu yg tepat :p

Ibnu Muslich said...

alhamdulillah saya sudah... ^_^

BeeBekkkk said...

lulus ditempat yang benar dan waktu yang tepat....
yang pasti planning udah ada dan harus dijalanin....

Sii Isni said...

Iyaaa, bener banget kata2 kamu, biar ga lulus cepat, y pnting pas lulus jadi bermanfaat.
Senang mampir di rumah kmu sejuk bnget, blognya cantik. :)

Sri Efriyanti Az-zahra Harahap said...

Pak CT:
Lulus pada waktu yang Allah tepatkan untuk saya ^_^
Saya juga tidak mau berlama-lama Pak,coming soon ^^

Mas AIR:
Insya Allah, itu waktu yang tepat mas :)

Mbak Rinda:
Yup, anak Pertanian mbak
Waah, semangat anak Pertanian.

Majulah Pertanian, Jayalah Indonesiaku ^^

Bunda Ke2nai:
Iya bunda, tapi...
Hehe

Mas Ibnu:
Selamat ya yang sudah lulus :)

Bee:
Ya, life plan sudah ada. Tinggal realisasinya saja.
Semangaaaaat! ^_^

Mbak Isni:
Ya, semoga bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga, agama, masyarakat, dan bangsa ya mbak ^^

Waah, terima kasih mbak sudah singgah di rumah maya saya yang sederhana ini. Di depan rumah ini ada pohonnya,jadi terasa sejuk mbak ^^

GIA \^o^/ said...

Waahh mbak, kalau FMIPA lulus normalnya itu 5 tahun loh, apalagi jurusannya gia, yaitu Fisika.. Waduuhh, jadi dag-did-dug-der deh walaupun gia masih agak lama lulusnya..

Salam yah mbak, buat teman-teman seangkatannya.. Semoga LULUS tepat waktu dan di waktu yang tepat. Ammmiiinnn

*kunjungan balik gia nih*

Indah Purnama said...

Judulnya itu 'sesuatu' banget, Kak.. Aku mau lulus tepat waktu.. Aamiin aamiin

TABUHGONG said...

blogwalking sobat, salam kenal

eksak said...

Laa tuwaswis! Allah ma'ana, ukh! Masa' gitu aja galau? Be ukhtu fillah! ^_^

Satrio.Komputer said...

Blognya Keren :)
Banyak Daun yg jth tp Ga ada Pohonnya

hihihi
kunjungbalik ea
satriokomputer.com

A. Y. Indrayana said...

semoga lulusnya gak kelamaan yaa ^ ^ hehehe

Nimas Ayu Baka Arum said...

Menuugu waktu yang tepat atau malah sebaliknya kitalah yang harus membuat semua waktu menjadi tepat
yang penting setelah lulusnya itu kali yah,,hee,hee salam kenal dari nimas

Nimas Ayu Baka Arum said...

Pengeja langit,
yang kepalanya tegak menyelinap tiap Maghrib berjalan ke arah kiblat,semoga menemukan Wajah Tuhan yang suka mengalir ke barat,,salam,salam (maaf dobel neh komennya)

Arya Poetra said...

Terkadang, seseorang dihadapkan kepada keinginan yang menggebu-gebu akan "mau mengetahui lebih dalam", tanpa sadar akan apa yang seharusnya yang ia lakukan, sesuai dengan kapasitasnya saat ini.. Tanpa sadar, apa yang harus dilakukan untuk memaksimalkan waktu yang diberikan padanya.

Tentang kuliah, masalah lama atau tidaknya, bukan itu yang menjadi fokus utama saya kira. Tetapi, apakah kita sudah memahami apa yang telah kita pelajari selama ini? Apakah sebenarnya tujuan kita mendalaminya? Mau dibawa kemana apa yang telah kita pelajari nantinya?

:)
Btw, selamat berjuang Zahra.
Semoga studinya baroqah. Bisa menjadi ladang tuk mendekatkan diri padaNYA.

Sri Efriyanti Az-zahra Harahap said...

Dek Gia:
Iya, jurusan eksakta emang banyak yang 5 tahun dek ^^
Semoga ilmunya barokah ya walau 5 tahun :)
Semangat, Gia

Dek Indah:
Begitulah judul postingan kali ini.
Aamiin...
Semoga yang terbaik untukmu ya dek :)

Tabuh Gong:
Salam kenal juga
Terima kasih telah berkunjung ke rumah maya saya ^^

Mas Eksak:
Saya tidak galau mas :D
Galau? Gak Lah Yaw ^^
Sekedar tulisan, untuk motivasi agar saya lebih baik lagi :)

Mas Satrio:
Teriam kasih, mas ^^
Pohonnya ada tuh di depan rumah saya :)

A.Y Indrayana:
Aamiin ya Rabb

Mbak Nimas:
Salam kenal kembali ya mbak ^^
Barakallah...

Mas Ary:
Subhanallah...
Saya jadi malu sendiri membaca kata demi kata yang telah mas tuliskan. Merasa diri ini masih belum memahami esensi yang sebenarnya :(

Selamat berjuang juga mas Arya, semoga studinya juga barokah.

Mila Said said...

cepet2 lulus ajaaa, nanti lebih mudah menguasai pas terjun langsung ke lapangan hihihiy...

Harun Ar said...

Para orang tua kayak saya ini selalu mengharap anaknya cepat lulus, selesai kuliah

Theciboy said...

hebat nih blog yg indah penampilannya. mantap
kunjungan balik ya mba,,

zahra_syani said...

Lulus tepat waktu, tujuan utama. Karna kalo lulus dengan waktu yg tepat ntr bosen duluan teh. Abis kuliah mulu.....

Sugiantoro said...

jika sudah lulus, siap-siap dengan pertanyaan selanjutnya : "kapan mau nikah", terus "kapan punya anak", dan jarang atau mungkin ga ada yang bertanya "kapan meninggalnya"

itulah hidup, antara pertanyaan dan jawaban

Akhmad Muhaimin Azzet said...

Lulus tepat waktu itu baik, tapi lulus di waktu yang tepat sepertinya jauh lebih baik. Semoga selalu sukses ya, Mbak.

Raihan Marie Ramadhan said...

Saya setuju dengan komentar Pak Akhmad Muhaimin Azzet.
Salam erat persahabatn aja dari Timur Indonesia.
Happy blogging.

Fauzi uz-ay said...

lebih bijak opsi kedua jadi pilih itu aja ah...

semua udah di tentukan, yang penting ngga lepas dari usaha dan doa, kalau ngga melakukan apa-apa baru salah..
semangat ya...

Gopar said...

jalan jalan disini ikut meramaikan saja...

Fuji Sulaeman said...

mantap gan :)
ditunggu komen + follback ya gan
sulaeman7.blogspot.com

Yusup Laskar said...

kalau saya juga suka bnyak yg nanya,,

Tapi bukan pertanyaan,,''Kapan Lulus ?,,'', ''kapan wisuda?''

Tp pertanyaanya,,,''Kapan nikah ??'' , ''kapan punya anak ??,,

Capek dehhh,,,

Jangan TERLALU dipikarkan kapan lulusnya, yang penting tetap belajar, itu sudah menjadi amal ibadah,, perkara lulus,, Allahlah Yang Maha Menentukan,,,

''jayalah pertanian Indonesia''

zasachi said...

Kalo menurut aku seh, let it flow aja. Nikmati setiap proses menuju moment2 wisuda.. Yang penting setelah wisuda bs langsung mengamalkan ilmu yang diperoleh ke masyarakat.. :-)
Salam kenal, thanks udah mampir ke blogku awn happy blogging yaa..

Arya Poetra said...

Wuih, musiknya baru lagi. Full House.. :D
Ya, tapi, jika bisa dipercepat, dipercepat saja. Masih ada pembelajaran lain yang menanti di level selanjutnya. :D

Sri Efriyanti Az-zahra Harahap said...

Mbak Mila:
Oke mbak :)
Insya Allah.
Mohon do'anya saja :D

Pak Harun:
Iya Pak, orang tua saya juga demikian ^^

Theciboy:
Terima kasih telah berkunjung :)

Syani:
Hehe..
Begitu ya :)
Oke, teteh percepat deh kalo gitu ^^

Mas Sugi:
Yep, betul sekali mas ^^
Hidup ini antara pertanyaan dan jawaban.

Mas Muhaimin:
Iya mas, terima kasih atas do'anya.
Semoga sukses juga buat mas :)

Mas Raihan:
Happy blogging ^^
Salam persahabatan kembali :)

Uzay:
Iya, terima kasih Uzay ^^
Semangat juga ya buat kamu :D

Gopar:
Terima kasih sudah meramaikan ruang komentar di rumah saya :)

Mas Fuji:
Terima kasih.
Insya Allah nanti saya berkunjung ke rumah mayanya mas ^^

Mas Yusuf:
Iya, mas ^^
Terima kasih atas sarannya.
Semoga segala kebaikan dan usaha yang dilakukan diridhoi oleh Allah.
Amiin

Mbak Zasachi:
Ya, menikmati proses ya mbak ^^
Salam kenal, happy blogging juga mbak ^^

Mas Ary:
Iya mas.
Lebih cepat lebih baik :D
Hmm, tantangan di depan lebih besar lagi sebenarnya :)
Musiknya berubah, sesuai dengan mood si penulis ^^

Mugniar said...

4 thn ... masih normal koq .... kalo sudah 6 tahun baru .... :D

SUkses ya, semoga kuliahnya lancar sampai selesai :)

Mugniar said...

4 thn ... masih normal koq .... kalo sudah 6 tahun baru .... :D

SUkses ya, semoga kuliahnya lancar sampai selesai :)

Putri Serindang Bulan said...

Salam kenal mbak :) ternyata dari medan ya ^^

Grimponodahyono said...

waktu saja mungkin yang harus ditepatkan dan dipersiapkan hingga semua menjadi baik nantinya,,,
salam kenal pengeja langit

Boll said...

wah, saya juga mahasiswa angkatan 2008 yg belum lulus mbak :D

saya akui saya bukannya malas, tapi di fak saya harus bisa menguasai banyak hal, padahal saya minatnya cuman di satu hal saja

salam kenal mbak

Uchank said...

Lulus pada waktu yang tepat :))

BP said...

Lulus tepat pada waktunya itu lebih baik.

Sri Efriyanti Az-zahra Harahap said...

Kak Niar:
Makasih ya kak...
Sukses juga buat kakak :)

Putri Serindang Bulan:
Ya, salam kenal juga dik ^^
Iyah, dari Medan

Mas Yono:
Iya, mungkin begitu ya :)
Salam kenal kembali mas

Mas Boll:
Oh begitu yaa :)
Salam kenal kembali ya mas,
terima kasih telah berkunjung

Mas Uchank:
Yep, lulus pada waktu yang tepat :D

BP:
^_^
Semoga apapun itu adalah yang terbaik :)