Tuesday, 26 June 2012

7 Tempat Favorit di Kampusku

Selama hampir 4 tahun bercengkerama dengan USU, hampir semua tempat telah saya kunjungi. Mulai dari fakultas yang letaknya di depan (Kedokteran) sampai yang paling belakang (Kehutanan). Dan sebagian tempat yang telah saya kunjungi itu sudah menjadi tempat favorit saya saat ini. Ada yang saya jadikan tempat untuk menyendiri dari keramaian, tempat menumpahkan segala kegundahan, tempat bermain dan belajar (kayak anak TK ^_^), dan tempat menerima segala curahan hati mahasiswa galau. Mari sejenak melihat tempat-tempat itu.

Musholla Fakultas Pertanian
 
Ini adalah tempat yang sering saya kunjungi setelah selesai mata kuliah pertama. Di sini saya bisa melakukan berbagai aktivitas. Mulai dari sholat, tilawah, makan, mengerjakan jurnal, mengerjakan  laporan, diskusi, mentoring, bahkan tidur siang. Hehe… Lebih asik kalau mengunjungi tempat ini pada saat jam 1 siang. Karena tempat ini mulai sepi dari keramaian. Mahasiswa Pertanian pada jam 1 siang sudah siap-siap masuk kelas, praktikum, ke lahan, atau ACC-an jurnal. Dan saya sangat menikmati suasana pada jam 1 siang ini. Di tempat ini saya bisa sepuas-puasnya ngadu sama Allah atas kegundahan, kegelisahan dan kegalauan yang saya alami. Hehe…*lebay deh.
Di sisi kiri atau kanan tempat ini menjadi tempat favorit para pementor untuk melancarkan aksi dakwah fardhiyah pada adik-adiknya, juga menjadi tempat favorit untuk mentoring, dan kajian kemuslimahan.

Lab Mikrobiologi Pangan Faperta USU
 
Tempat ini menjadi tempat berbagai pengalaman dengan teman-teman KosLap (Kosong deLapan) ITP. Bukan hanya menjadi tempat diskusi masalah kuliah atau tugas akhir, tapi juga diskusi masa depan. Tempat ini juga menjadi tempat pra penelitian saya yang sampai saat ini masih berlangsung. Saat teman-teman yang lain sibuk di ruang asisten,  saya pun mulai “menggila”. Kadang bernyanyi sendiri, ngobrol sendiri, muraja’ah hafalan, dan menumpahkan segala kegundahan. Hahaha.. Sepertinya “kegilaan” saya semakin menjadi-jadi ya ^_^

Perpustakaan USU

 
Di sini saya bisa membaca banyak buku. Pertanian, Pangan, Gizi, Psikologi, Perairan, Sastra, semuanya ada di sini. Katanya perpus ini adalah perpus ke-5 terbesar se-Asia Tenggara. Saya tahu kabar ini dari abang saya yang dulunya kuliah di Oseanografi Undip.
Perpus ini juga menjadi tempat favorit saya untuk menyendiri dari keramaian. Saya sering pergi sendiri tanpa teman. Bukan karena tak mau berbagi ilmu, tapi ada kesenangan tersendiri saat kita bebas bergerak dan berpindah tanpa ada yang menghalangi.
Waktu masih kecil di kampus (semester 1 dan 2), saya sering memanfaatkan fasilitas Wifi di perpus ini. Mencari bahan kuliah dan literatur yang akan dibawa sebagai syarat masuk laboratorium.

Danau USU
 
Paling seru kalau mengunjungi tempat ini di sore hari sambil memandangi orang yang berlewatan (kurang kerjaan banget sih ^_^). Masih seperti biasa, saya jadikan tempat ini untuk berlari, menyendiri dari keramaian. Tempat ini juga merupakan tempat yang baik untuk menulis, mulai dari menulis jurnal dan laporan sampai menulis buku harian tentang curcol geje (curhat colongan gak jelas).
Kadang ketika sendiri, sekelompok anak kecil datang menghampiri saya. Mereka adalah pengamen yang dulunya sering bermain di pajus (pajak usu). Mereka mulai mendekati saya, lalu mulai bernyanyi sambil tepuk tangan. Kalimat awalnya seperti ini: “Permisi kakak cantik” Lalu diakhiri dengan, “Nggak usah banyak-banyak, gopek pun jadi”.
Saya selalu tertawa mendengar nyanyian mereka ini. Polos sekali kata-katanya. Setelah mereka bernyanyi, biasanya saya menanyakan nama dan alamat mereka. Haha.. Ibaratnya itu sesi interview sebelum saya beri imbalan atas nyanyian indah mereka. Sebenarnya hal yang pertama muncul dibenak saya ketika itu adalah “Dimana ibu mereka?”

Bundaran FP USU
 
Sebelum pulang ke kost, biasanya saya duduk di bundaran ini dulu. Menikmati aksi mahasiswa Pertanian yang lalu lalang. Beraneka ragam wajah yang tergambar saat itu. Ada yang pulang dengan wajah kelelahan karena seharian di lahan, ada yang senang bercampur bangga karena laporannya telah di ACC oleh asisten laboratorium, ada yang sedih karena hari itu tidak dizinkan masuk lab oleh asistennya, dan ada yang berwajah datar  tidak menggambarkan ekspresi apa-apa.
Ada kenikmatan tersendiri saat melihat rutinitas itu di sore hari menjelang pulang ke kost.
Di bundaran ini juga saya sering jajan buah-buahan dan gorengan bersama teman-teman KosLap, kadang foto bareng, narsis-narsisan, atau beberapa teman memanggil para junior untuk “diwawancarai “. Maklumlah, di FP kesenioritasan itu masih cukup tinggi. Jadi kedekatan senior dan junior itu bisa sampai sebegitu dekatnya, sampai seperti kakak dan adik kandungnya sendiri. *lebay deh ini :P

Halaman Depan Perpus USU

Saya memang tidak terlalu sering ke sini. Tapi jika ada waktu, saya sempatkan untuk menyendiri di sini. Melihat bunga-bunga di depan perpus ini rasanya damai sekali. Kadang saya juga bertemu dengan beberapa teman dari fakultas lain di sini. Mereka beberapa kali bertanya,
“Yan, ngapain di sini?”. Biasanya saya hanya tersenyum. Kadang menjawab, “Nggak ngapa-ngapain kok”. Saya tahu mereka heran dengan saya, itu sangat terlihat dari wajah dan gerak-gerik mereka. Dari kejauhan pun mereka masih memperhatian saya yang duduk di bangku taman ini. Ahhh… Saya memang jarang peduli dengan anggapan orang pada saya. Yang penting saya senang dengan apa yang saya lakukan.

Musholla Fakultas Teknik  USU
 
Tak tahu kenapa, musholla ini terasa sejuk bagi saya. Mungkin karena bangunannya yang “adem”. Musholla dengan arsitek paling berbeda dengan musholla di fakultas lainnya. Walau musholla ini terasa gelap, tapi saya senang berada di sini. Seperti musholla FP, musholla ini juga dijadikan tempat mengerjakan jurnal dan laporan praktikum. 

Saya menikmati tempat-tempat ini dalam kesendirian. Sendiri itu indah dan menyenangkan. Enjoy your life :)

18 comments:

Outbound di Malang said...

Kunci keberhasilan adalah menanamkan kebiasaan sepanjang hidup Anda untuk melakukan hal - hal yang Anda takuti.
tetap semangat tinggi untuk jalani hari ini ya gan ! ditunggu kunjungannya :D

EbbY beebek said...

foto fotonya keren..sayang saya nggak kuliah mbak....
kayaknya santai didanau itu lebih enak deh...

Arya Poetra said...

Ayo, jelajahi kampus! Pasti ada tempat-tempat favorit yang lainnya. Ruang spesial tuk belajar..
Ruang spesial tuk bermanja bersama buku..
Ruang spesial tuk berceloteh bersama sahabat..
\(^^)/

Indah Purnama said...

Kayaknya asyik nangkring yang di gambar ke-3 deeeh^__^\

Sugiantoro said...

anda harus bertanggungjawab karna telah mengingatkanku pada masa-masa terindah dikampusku tercinta, IPB (Institut Pesantren Bogor)

fajar_p_k said...

wah asik tu tempatnya mbak
ditepi danau memandang langit sore
yang kuning ke emasan dengan bentuk awan yang selalu berubah
ples kawanan burung yang berterbangan

Catatan si Riki said...

ternyata kakak sering juga main-main ke Mustek ya kak
jauh kali kesana kak
hehehe
desainnya memang paling unik ya kak

tempat paling saya suka itu perpustakaan kak dan Musholla Iqra' kak.
setiap saya Musholla saya pasti sempatkan ke Musholla Iqra', seperti ada keterikatan bathin gitu rasanya kak :D

Sri Efriyanti Az-zahra Harahap said...

Ebby:
Yup, nyantai di danau emang keren Ebby..
Yok kuliah yok :D

Mas Arya:
Hehe..
Iya, ini untuk 7 sementara mas. Mungkin bulan depan udah ganti tempat favorit :D

Indah:
Hmm, kalo mbak sih di tempat yg pertama Ndah :)
Tempat nangis2an, ngadu sama Allah atas kegundahan hati.
Hahayyy, lebaynya mbak mulai kambuh Ndah

Mas Sugi:
Wow, mas juga harus bertanggung jawab kenapa baca postingan ini.
Haha..
Tahun depan saya ada rencana ke IPB mas. Bakal saya jelajahi kampus hijau IPB :D

Fajar:
Haha..
Iya, kalo sore paling asik di tepi danau :D

Riki:
Haha..
Dirimu jauh kali ke mushalla iqra' dek. Main2lah ke musholla Pertanian. Ntar kakak kenalin deh ama kucing musholla kesayangan kakak, si Poppy :D

Catatan si Riki said...

ahaha..iya kak, ada keterikatan bathin dgn musholla iqra' kak, saya sering ketiduran di terasnya
hehehe


kapan-kapan saya kesana kak, kenalan sama Poppy :)
udh ada label khusus Poopy ya kak :D

Outbound di malang said...

salam gan ...
menghadiahkan Pujian kepada orang di sekitar adalah awal investasi Kebahagiaan Anda...
di tunggu kunjungan balik.nya gan !

Sri Efriyanti Az-zahra Harahap said...

Riki:
Wew, ada semacam chemistry dengan musholla Iqro' ya?
Kakak juga sering loh singgah di sana sehabis dari perpus.
Ow ow, jangan2 kita pernah berpapasan Ki, tapi kan gak kenal. Hahaha..

SANG PEMBELAJAR said...

Suggguh indah tempat-tempat favoritnya Sob... setuju dengan Sobat... :)
Hadir selalu di Blog Sobat terbaik, izin share : MP3 Kisah Inspiratif Bag. XIV, ditunggu komentarnya, Thx... :)
Salam bLogger,

Tebak Ini Siapa said...

Pajak tuh pasar kan ya mbak?
Kalau aku sih di kampusku paling suka stasiunnya, soalnya tempat buat pulang ke rumah hihihi :D

Sri Efriyanti Az-zahra Harahap said...

Iya mas, pajak itu pasar.
Di Medan begitulah membahasakannya :D
Ohhh, stasiun ya
Keren juga itu mas :)

Sugiantoro said...

silahkan nikmati indahnya kampus IPB, tempat wajib yang harus dikunjungi : GWW, Rektorat, Gymnasium, perpustakaan dan Masjid Al hurriyahnya...kalo cape keliling jalan kaki, silahkan pake sepeda kampus atau bis kampus, tapi saya sarankan untuk pake sepeda kampus saja...
kalo jadi kesana, saya nitip salam buat menara masjid al hurriyah, katakan kepadanya tahun depan saya akan menaikinya lagi insyaAllah

Nurfani said...

Besar banget bos kampusnya. Semangat deh.

Sri Efriyanti Az-zahra Harahap said...

^_^
Catat:
1.GWW
2.Gymnasium
3.Perpus
4.Masjid Alhurr
Oke, baiklah mas ;)
Saya juga rencananya tahun depan kok ke sana. Sekalian belajar di sana mas, insya Allah :)

Nurfani:
Yah, lumayan mbak:)
Tapi lebih luas UGM ^^

♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥ said...

. . jadi kangen dech ma campus, temen^, para dosen, dekan aq. wachhhhhhhhhh,, pengen kul lagi. he..86x . .