Sunday, 20 May 2012

Indahnya Praktikum


 
Nggak terasa sudah hampir 4 tahun menginjakkan kaki di kampus hijau Pertanian ini. Di antara waktu yang telah berlalu itu, ada banyak sekali yang menjadi kenangan. Mungkin salah satu yang membekas dari masa-masa kebersamaan kita adalah hadirnya sosok bernama Sri Efriyanti Harahap (Tumben narsis. Hahaha. Gak lucu!). Yang paling membekas itu adalah masa-masa praktikum. Betapa konyolnya masa-masa itu dengan segala warna-warni di tahun pertama masa perkuliahan di ITP. Tak jarang kita merasa,” kuliah di sini kok nggak kayak kuliah yang di FTV ya?” Hahaha… Tak jarang aku tersenyum sendiri melihat foto-foto di semester awal dulu. Memori masa-masa praktikum  pun kembali berputar, menghadirkan kisah-kisah yang baru sekarang disadari begitu konyol, namun ada hikmah mendalam di balik semua itu.

Beberapa hari yang lalu aku mengetahui bahwa seorang junior di Teknik Elektro USU yang bernama Riki Ananda Nasution akan menghabiskan waktunya mengerjakan 17 laporan parktikum. Hal yang serupa pernah aku alami. Itu hal yang biasa di fakultas eksakta. Setiap orang punya cerita yang berbeda tentang masa-masa ini. Aku  sendiri bisa terbilang praktikan yang cukup baik dalam mengerjakan laporan praktikum (Ceileh…) , tetapi hasilnya tidak sejalan dengan perkuliahan (Gubrak!). Terlalu bersemangat mengerjakan laporan-laporan ini, hingga lupa waktu makan dan tidur (Awas  lupa mandi juga ya ^_^). Dan akhirnya materi kuliah yang diberikan oleh dosen tak mampu diserap oleh otak lagi. Mata juga sudah tak dapat diajak kompromi. Tak jarang dari kami tertidur sewaktu kuliah berlangsung. Untuk mengusir kantuk, biasanya aku meminta seorang teman untuk mencubit lenganku (Haha..Konyol sekali kan?)Waktu itu prinsipnya, biar sakit asal tidak tertidur ^_^

Masa-masa praktikum membuatku lebih mengenal sosok-sosok seperti Shahila, Allva, Dodi, Marlena, Tiwi, Nia, Kajima, Freddy, Andi, dan yang lainnya. Di sini kita belajar kompak, tepat waktu, dan disiplin. Tidak ada yang bisa bermain tunggal, semua dilakukan bersama. Mulai dari belanja bahan-bahan praktikum seperti susu, daging, sayur, buah, ikan, itu dibuat penanggungjawabnya. Nah, di sini secara tidak langsung kita belajar berorganisasi. Untuk mengumpulkan alat-alat praktikum seperti kuali, panci perebusan, sutil, pisau, tirisan, dan talenan harus diatur sedemikian rupa agar tidak ada yang tertinggal ketika diperiksa oleh asisten laboratorium. Berbaris di depan laboratorium sebelum praktikum dimulai adalah hal yang harus selalu kita jalankan.  Setelah itu adalah saat-saat “deg…deg…deg…”, apakah kita dinyatakan lulus atau gagal untuk mengikuti praktikum di depan.


Empat tahun di kampus adalah waktu yang tidak singkat bagiku. Masa-masa perkuliahan akan selesai, namun bukan berarti semua beban selesai. Akan ada banyak hal yang  menanti kesiapan kita, menguji tingkat kedewasaan kita dalam pernak-pernik kehidupan. Untuk teman-teman seperjuanganku di laboratorium, terima kasih untuk kebersamaan kita selama ini yang begitu indah.

39 comments:

Catatan si Riki said...

hahahaha....
senyum-senyum sendiri baca postingannya kak,
i'm speechless kak:D

Sri Efriyanti Harahap said...

Yes, berhasil membuat Riki speechless
Haha...
Begitulah dunia lab,dek ^_^

Andy said...

wah kiran kuliah di IPB tapi ternyata pas lihat lebih detail di ITP,jadi inget moment dulu mau banget kuliah di jurusan Agrobisnis tapi akhirnya berlabuh ke Jurnalistik

Hanan Muhardiansyah said...

Jadi pingin cepet2 kuliah.. :D
praktikum melelahkan tapi dapat menjalin silaturahmi dan menambah kekompakan.. wah seruuu

Anis Nisa said...

wah.. a few step..
and Tadaaa..

welcome to the Real world Yanti :D

Sri Efriyanti Harahap said...

Mas Andy:
Hehe...
Saya kuliah di ITP USU, mas ^^
Wew..., sepertinya saya akan mengikuti jejak mas Andy nih :D

Sri Efriyanti Harahap said...

Dek Hanan:
Ayo dek, cepetan kuliahnya.
Kuliah itu keren banget.
Hehehe...
Kalo kuliah pilih jurusan ekssakta aja ya :D

Sri Efriyanti Harahap said...

Kak Anis:
Hehe...
Terima kasih sudah menyambut Yanti di dunia nyata kakak cantik :)

Hanan Muhardiansyah said...

masih SMA kelas 2 mb.. jadi 1 tahun lagi baru daftar kuliah :D

jurusan ekssakta itu apa mb? :D

Majalah Masjid Kita said...

duh saya jadi kangen sama masa masa dimana saya sedang giat giatnya ngelakuin banyak hal :p

Shahila Ridhyanty said...

Sueeer ... kangen praktikum, tapi gk kangen sama laporannya hehe

yAHyA said...

Ahlan Bik, ,

hm, asyik banget tu .. saya jadi nginget2 sendiri momen yang pernah saya laluin bareng temen2.. greAt..

Dedy Irawan Az said...

pasti asyik banget dan seru tu suasana pratikum nya...

Tebak Ini Siapa said...

17 laporan? Busettt...
Aku dua paper aja mumetnya minta amplop wekekeke

Nurmayanti Zain said...

hahahaha praktikum oh no! asik sih kalau asistennya asik juga :D

Sri Efriyanti Harahap said...

Hanan:
Eksakta itu Ilmu Alam :)
Oh, sebaya dengan adeknya mbak kalau gitu

Sri Efriyanti Harahap said...

Majalah masjid kita:
Hehe...
Selamat bernostalgia dengan postingan ini :)

Sri Efriyanti Harahap said...

Shahila:
Hehe..
Iya, sama ya Cai :)

Sri Efriyanti Harahap said...

Yahya:
Hmm, selamat mengenang masa2 itu mas Yahya :)

Sri Efriyanti Harahap said...

Mas Dedi:
So pasti mas :)

Sri Efriyanti Harahap said...

Tebak Ini Siapa:
Haha..
Ini lah luar biasanya praktikum di ITP :))

Sri Efriyanti Harahap said...

Mbak Nurmayanti:
Hehe...
Iya juga ya mbak :)

Didin Supriatna said...

ni praktek masak ya..?? hehe.. 34x

I Love Indonesia said...

wahh.. asyik nih..

Sri Efriyanti Harahap said...

Mas Didin:
Hehe..
Hmm, ya mas :)
Masakan yang berteknologi tentunya D

Akhmad Muhaimin Azzet said...

wah..., menyenangkan sekali ya praktikum, tidak selalu identik dengan sepi dan tegang....

♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥ said...

. . jadi kangen ma temen^ campus nich. huhh. lama gak ketemu . .

Sri Efriyanti Harahap said...

Mas Ahmad:
Ya, begitulah mas :)
Praktikum itu seru, asyik, amazing ^^

Sri Efriyanti Harahap said...

Mbak VPie:
Hehe..
Reunian aja mbak, pasti seru ^^

Sandy said...

masa-masa kuliah tu indah banget ya! sayang, mak gue gak ada dana buat nguliahin gue:( but, enjoy aja lahh... di dunia luar pun gue juga banyak nemuin masa-masa indah koq:P #eh, koq malah curhat yak!?? hehehe... m'ap :D

Sri Efriyanti Harahap said...

Mas Sandy:
Kalau hati senang dan ikhlas, semuanya indah mas ^^

Bianglala Basmah said...

Masya Allah.. serunnya jadi mahasiswi yang mengenal kata "praktikum".. (maklum, sy jurusan Pendidikan)
Kalau baca artikel atau tulisan yang berhubungan dengan praktikum, sy jadi pengen merasakan jg.. ^^
Segalanya memang indah kalau menjalaninya dengan ikhlas dan dibawa fun.. :)) tetap semangat!!

Ririe Khayan said...

kisah praktikum selalu memberikan nuansa tersendiri...tidak hanya pelaksanaannya yg kadang sampai nginep di kampus, tapi membuat laporannya yg juga harus SKS...

Masa-masa praktikum adalah bagian yang mengesankan selama masa kuliah...

Rizki Pradana said...

wah seru jg ya..
jd kangen masa2 masih byk praktikum dulu bareng temen2,,skrng prktukum sndirian (penelitian) sedih,huhu..

salam EPICENTRUM
jgn lupa mampir lg ya..:)

Sri Efriyanti Harahap said...

Ukhti Basmah:
Iya, syukron ya ukht udah singgah ke rumah ana :)
Kuliah di jurusan pendidikan pasti juga seru ^_^

Sri Efriyanti Harahap said...

Ririe:
Yup :)
Ternyata Ririe anak praktikum juga ya :)
Begitulah indahnya praktikum

Sri Efriyanti Harahap said...

Rizki:
Hehe..
Praktikum sendiri (penelitian)lebih seru lagi pastinya Ki :)
Semangat ya penelitiannya
Semangat juga buat pra penelitian saya
Haha...

Anonymous said...

Thanks for the good writeup. It in fact was a amusement account it.
Glance advanced to far brought agreeable from you! However, how can we keep in touch?


Feel free to surf to my website quality backlinks seo

Anonymous said...

This paragraph is genuinely a fastidious one it helps new the web visitors, who are wishing in favor of blogging.


Look into my page; does penisadvantage work
My site - does penis advantage work,does penisadvantage work,penis advantage,penis advantage full download,penis advantage reviews,penis advantage scam,penis advantage torrent,penis advantage.com,penisadvantage,penisadvantage download,penisadvantage exercises,penisadvantage for free,penisadvantage password,penisadvantage reviews,penisadvantage scam,penisadvantage torrent,penisadvantage video,penisadvantage.com reviews,penisadvantagenow,penisadvantagenow.info