Wednesday, 18 April 2012

Berawal Dari Iseng

Apa yang kamu pikirkan tentang kata “sahabat”? Kita tentu punya defenisi yang berbeda untuk memaknainya. Menurut saya kata “sahabat” sendiri punya makna yang menandakan bahwa manusia adalah makhluk sosal. Tapi lebih dari itu, sahabat itu maknanya sangat luas. Beberapa orang yang saya tanyakan mengungkapkan bahwa sahabat itu adalah orang yang bersama kita dalam suka maupun duka. Dan saya tak selamanya membenarkan jawaban ini. Karena menurut saya sahabat itu bisa saja adalah orang yang berada di kejauhan, ia mendo’akan kita dalam tiap shalatnya, memberikan motivasi pada kita, dan mengatakan yang benar jika kita salah. Kalau begitu, apakah ia tidak pantas dikatakan sahabat juga? Ya, defenisi sahabat itu banyak, tergantung bagaimana kamu mengartikannya ^_^
Kalau tidak salah (ya, benar ^_^), saya bertemu dengan sebuah grup di facebook yang benama Blog of Friendship bulan November 2011 yang lalu. Awalnya saya cuma iseng-iseng di facebook untuk melihat grup yang berhubungan dengan komunitas pecinta blog. Akhirnya saya add dan tak berapa lama saya diterima bergabung di dalamnya. Suasana grup ini cukup “unik”. Persahabatan di dalamnya terlihat sangat baik dan akrab. Di daftar domisili asal Bloof (Blog of Friendship) mencakup hampir seluruh wilayah di Indonesia. Identitas anggota terlihat sangat rapi, mulai dari  alamat blog, facebook, twitter dan YM.
Awalnya saya tidak mau mengomentari postingan di grup ini karena belum kenal dengan salah satu penghuninya. Tapi melihat aksi kocak di grup yang ”tak menentu”, saya mulai berpikir, “kayaknya asik nih ikut nimbrung”. Dan akhirnya, saya memberikan satu komentar yang tidak pernah menyangka akan dibalas dengan sapaan hangat. Saya lupa, siapa yang menyapa terlebih dahulu dengan ucapan “salam kenal mbak”. Lalu terjadilah percakapan selanjutnya.
Besoknya ketika ada postingan lagi, saya semakin rajin mengomentarinya satu per satu, Dan hasilnya jadi akrab dengan penghuni Bloof. Semua sapaan untuk laki-laki saya panggil “mas” dan semua sapaan untuk perempuan saya panggil “mbak”. Saya tidak tahu siapa yang lebih tua, sebaya, dan lebih muda di bloof ini. Saya hanya mengikuti arus komentar yang saya anggap sangat menyenangkan ini. Ya, setidaknya bisa merilekskan kepenatan yang ada dalam pikiran saya setelah seharian di kampus.
Beberapa minggu di Bloof suasanya masih sama, hangat dan penuh persahabatan. Saya merasa beruntung bisa menemukan grup ini yang pada awalnya hanya iseng-iseng nyari di facebook. Kemudian, setelah beberapa minggu aktif di bloof, saya mulai meng-add dan di add oleh beberapa orang yang tergabung. Akhirnya saya mulai mengenali mereka satu per satu. Mulai dari Aisa Julia Maseti, Mas Insan Robbani, Mas Ridwan, Mas Andro, Mbak Meutia, Mbak Anna, Mas Budiman, Mas Aulia, Mbak Rima, Mbak Selvi, Mas Qefi, Mas Kaito dan yang lainnya,yang tidak bisa sebutkan satu per satu (luping=lupa lupa ingat). Tuing…tuing…tuing…
Saya lihat bloofers asal Jabodetabek, Bandung dan Makassar sangat mendominasi di Bloof ini. Saya tidak menemukan bloofers asal Medan. Lalu saya coba posting di grup dengan kalimat:
“Assalamu’alaykum. Boleh tau, bloofers asal Medan siapa aja ya?”
Lalu komentar dari beberapa orang mulai bermunculan. Saya menemukan nama Ismi Lastri, Shofia Mawaddah, Ayu Sri Devi, Aulia Rahman, Riki Ananda Nasution, Riza Nugraha, dan Anis Nisa. Dan pada hari itu juga mbak Ismi Lastri mengajak saya dan teman-teman asal medan untuk kopdar pertama. Tapi sayang, banyak yang tidak bisa dengan alasan masing-masing, dan saat itu saya juga berada di Padangsidimpuan karena liburan semester. Akhirnya kopdar pertama tidak jadi diadakan.
Pada bulan Maret 2012 yang lalu, saya tiba-tiba menemukan nama Zahid Rabbani, teman seperjuangan saya sekaligus junior saya di Fakultas Pesantren USU sudah bergabung bersama Bloof. Dengan senangnya lalu saya ucapkan selamat kepadanya. Dan tak berapa lama setelah Zahid bergabung, mulailah kembali ke wacana kopdar perdana bloofers asal Medan. Akhirnya diperoleh kesepakatan pada tanggal 4 Maret 2012 pukul 14.00 WIB di Coffe Cangkir Dr Mansyur.
Ya, begitulah sekilas perjalanan saya bergabung dalam Bloof (Blog of Friendship).  Saya menemukan persahabatan di sini, persahabatan yang tak sekedar persahabatan. Semua bloofers yang telah berkunjung ke blog saya adalah sahabat saya. Salam Bloofers ^_^
 

12 comments:

Insan Robbani said...

owh begitu...
tuing... tuing...
kalo dulu belum ada temen di bloof
sekarang udah banyak kan..??
yang penting tidak mengeklusifkan diri, bakal bisa diterima di lingkungan bloofers

Rima Aulia said...

ow gitu toh ceritanya, semoga makin akrab yak..persahabatan lebih dari sekedar persahabatan.
"tuig...tuing..." inget sama sahabat q yg juga suka pake kata ini

Anis Nisa said...

:D

hmm, masih ingat aja kapan masuknya yan? Anis malah udah lupa..

Senang bisa ketemu berbagai macam orang dengan berbagai macam latar belakang di bloof..

dan, bener..kita ga bisa nebak itu org lebih muda atau lebih tua dari kita..

kyk Yanti yang pertama kali menyapa anis dengan..

"Salam Bloofers dek.."

:P

dAnonim™ said...

belum pernah nulis ttg Bloofers. he... (jangan kasih tau adminnya) ^_^

Sri Efriyanti az-Zahra Harahap said...

Mas Insan:
Iya mas, alhamdulillah udah banyak sekarang. Bahkan udah bisa berculcol ria sama anggota bloof, seperti mbak Anis :)

Sri Efriyanti az-Zahra Harahap said...

Mbak Rima:
Hehe..
Iya mbak, gitu deh ceritanya :D
Salam ya mbak buat sahabatnya..

Sri Efriyanti az-Zahra Harahap said...

Kak Anis:
Iya kak, alhamdulillah masih :D
Hihi..
PP YM kakak pake foto SMA sih,
jadi Yanti pikir masih anak SMA :P

Sri Efriyanti az-Zahra Harahap said...

dAnonim:
Hihi..
Kasih tau ya sama mas Insan dan mas Aul :D

Annur EL- Kareem said...

ehhe... saya di bloffers belum gabung heheh..

Sri Efriyanti az-Zahra Harahap said...

Ayo gabung mbak :D

Akhmad Muhaimin Azzet said...

sebelumnya saya belum mengenal grup ini, tapi setelah sebulan yang lalu saya mempunyai akun blogspot, ada komentar yang mengelinkkan ke sana; benar, asyik....

Sri Efriyanti az-Zahra Harahap said...

Mas Muhaimin:
Iya, bloofers itu asik, keren dan seru :D