Thursday, 9 February 2012

Sarapan Pagi yang Sehat

Hai..
Selamat pagi..
Udah pada sarapan belum? Kalau belum sarapan, yuk liat postingan “ Tips Sarapan Pagi yang Sehat “ berikut ini.
Anggapan orang pada umumnya bahwa makan pagi atau sarapan yang sehat itu adalah makan roti dan minum susu itu ternyata salah, apalagi bagi yang menjalankan aktifitas berat dan memerlukan energi cukup.

Bila sarapan atau makan pagi kurang, maka aktifitas berat yang akan dihadapi akan menemui masalah. Tahukah kita bahwa berpikir juga memerlukan asupan energi yang besar? Salah satu contohnya adalah, banyak kita temui anak-anak sekolah yang pedih perutnya atau kelaparan di pagi hari seusai belajar Fisika atau Matematika, itu buktinya.

Beberapa teman mengaku bahwa mereka hanya minum susu atau teh lalu memakan sedikit roti di pagi hari, ini bukan sarapan sehat untuk si pekerja keras atau pelajar. Jadi sarapan pagi yang bagaimana yang sehat?

Konsumsilah makanan yang mengandung banyak mengandung kalori, energi. Seperti telur, ayam dan makanan lainnya yang bisa menyuplai cukup energi untuk kegiatan beraktifitas. Intinya, konsumsilah makanan energi sesuai dengan kebutuhan, bila di pagi hari tidak melakukan aktifitas apa-apa, maka tidak perlu sarapan makanan penuh kalori.
Sarapan pagi yang sehat dapat meningkatkan metabolisme, meningkatkan konsentrasi, memperlancar gula darah, pencernaan yang baik dan kebiasaan hidup sehat. Komentar salah seorang praktisi:

“Makan pagi atau sarapan pagi itu bagi saya penting sekali, terutama untuk daya tahan tubuh kita terhadap penyakit. Sebagai contoh dulu saya mudah sekali kena flu. Cuaca berubah-rubah dikit jadi kena, trus ada orang yg flu di dekat saya juga bisa langsung nular ke saya. Nah, setelah saya googling dapat banyak penelitian yg mengatakan bahwa makan pagi terutama di bawah jam 8 pagi sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, dan hasilnya luar biasa, daya tahan tubuh saya benar-benar meningkat khususnya untuk menangkal serangan flu, dan badan gak mudah drop...... silahkan di coba!!”

@studentmagz
 

9 comments:

Irma Devi Santika said...

selalu makan pagi dibawah jam 8. hehe.. berarti sangat bagus ya :)
tp ga suka makan daging2an klo sarapan pagi, rasanya gimaaaaanaaaa gitu. hehe..

Sri Efriyanti az-Zahra Harahap said...

Iya Irma, di bawah jam 8 ya ^_^
Hmm, diganti aja dengan telur.
Zahra juga ga biasa makan daging di pagi hari :D

auraman said...

kalau saya apa saja bisa dimakan mbak, tetapi beli nya yang males, pengennya sudah tersedia semua :D

jjangnisa said...

Tapi malah banyak orang yang makan besar siang hari ya mbak..

abis makan tidur siang..
gitu tuh, paham yang banyak berkembang..

tapi kalo sekarang karena udah banyak artikel2 yang mengingatkan kayak mbak, kebiasaan makannya berubah ya.. :)

Salam hidup sehat..

Sri Efriyanti az-Zahra Harahap said...

Auraman:
Ya..minta beliin temen aja mas :D

Nisa:
Salam pangan! ^_^

Erlangga Kusumawijaya said...

pagi hari makanlah seperti raja, karena kita akan memulai aktivitas..
siang hari makanlah seperti ratu, sedikit tapi mengenyangkan..
malam hari makanlah seperti pengemis, karena tubuh akan beristirahat.. :)
wau.. mauu stroberinya.. :D

Zahid Rabbani said...

Hm... sedikit sarapan, lemas... kurang energi...
tapi, sarapan "secukupnya" malah bikin ngantuk... (pengalamanpribadi^^")

Sri Efriyanti az-Zahra Harahap said...

Mas Erlangga:
Hmm, kata2 yg bijak, seperti kata2 guru saya :D
Kalau stoberinya, silahkan diambil mas (fotonya)^_^

Akhi Hijry:
Opss, Zahid ya? :D
Kakak juga pernah, tapi ga selalu.
Eeh, semangat kembali ya di Kaderisasi..
#(mumpung ingat nih)

Kiki Amelia said...

Ada kutipan " Awali hari mu dengan makanan yg sehat untuk emunjang aktifitas seharian" Untuk itulah penting bgt sarapan. Tp sarapan yg sehat ya :) Sarapan itu gak harus kenyang kok,yg penting harus memenuhi kandungan nutrisi dan protein yg cukup :)
Aku jg ada beberapa artikel tentang sarapan pagi sehat yg praktis dan enak. Bisa buka link www.healthyslim.weebly.com. Thanks :)